Rabu, 19 Februari 2014

Kunjungan Dishubkominfo Magetan ke Gubuk Internet Sundul

GIS|Hari ini  Gubuk Internet Sundul kedatangan kunjungan dari Dishubkominfo Kabupaten Magetan. Dishubkominfo Kabupaten Magetan mengunjungi Gubuk Internet Sundul (GIS) dalam rangka mengadakan survei Kelompok Informasi Masyarakat.

KIM adalah kepanjangan dari (Kelompok Informasi Masyarakat) yang menurut penjelasan dari Kominfo merupakan revitalisasi dan reaktualisasi dari kelompencapir yang disesuaikan dengan paradigma pembangunan dan pemerintah dewasa ini, dengan mengedepankan prinsip demokrasi dan good governance. 

KIM diharapkan dapat berperan dalam memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat selain itu menjembatani antara masyarakat dan pemerintah dalam penyebaran informasi dan penyerapan serta penyerapan aspirasi. Masyarakat membentuk kelompok untuk mengatasi persoalan bersama melalui akses dan pemberdayaan informasi.


Menurut pemaparan Dishubkominfo yang dalam hal ini adalah Pak Joko, KIM dibentuk bertujuan:
1. Menemukan masalah bersama melalui diskusi dengan anggota kelompok. 
2. Mengenali cara pemecahan masalah. 
3. Membuat keputusan bersama.
4. Melaksanakan keputusan dengan kerjasama 
5. Mengembangkan jaringan informasi buat memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan. 

Menurut Direktorat Kelembagaan Komunikasi Sosial (2008:1) definisi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

Nah kali ini Dishubkominfo Kabupaten Magetan Menegaskan bahwa Gubuk Internet Sundul ini sudah termasuk katagori Kelompok Informasi Masyarakat, dan sangat pentin dan harus dikembangkan untuk kemajuan Masyarakat desa Sundul Khususnya.

Disamping itu kunjungan kali ini Dishubkominfo adalah bertujuan untuk mensurvie apakah Gubuk Internet Sundul (GIS) layak untuk mengikuti lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) dalam rangka Pekan KIM.

Karena ini juga baru rintisan, semoga Gubuk InternetSundul (GIS) kedepannya dapat melaksanakan tujuan sebagai Pusat Informasi Masyarakat dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat desa Sundul

0 komentar:

Posting Komentar